CALL US: (+62–21) 898 30160

BRNA - Informasi Terbaru Atas Pemulihan Insiden Kebakaran

Sebagaimana yang sebelumnya kami informasikan, telah terjadi insiden kebakaran pabrik PT Berlina Tbk di Jl. Jababeka Raya Blok E 12-17, Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Bekasi pada hari Rabu, 24 Mei 2017 sekitar pukul 04.00 WIB. Api berhasil dipadamkan pada hari yang sama, tanpa adanya korban jiwa. Namun kebakaran tersebut telah mengakibatkan kerusakan atas 80% fasilitas pabrik meliputi bangunan produksi dan mesin, gudang serta persediaan.

 

Aset-aset kami telah diasuransikan atas resiko kebakaran. Perusahaan asuransi telah menyetujui pembayaran interim sebesar 25% dari nilai klaim, yang diperkirakan akan diterima pada bulan Oktober 2017. Sedangkan sisa pembayaran klaim asuransi diperkirakan akan diterima pada tahun 2018.

 

Saat ini kami sedang dalam proses pemesanan mesin-mesin baru untuk pemulihan Cikarang dan juga peremajaan mesin-mesin lama kami. Kami berterima kasih atas dukungan luar biasa yang diberikan oleh pemasok yang telah menjalin hubungan baik dalam jangka panjang kepada kami. Pada bulan September 2017, 4 mesin baru telah tiba dan terpasang pada pabrik kami di Tangerang. Sementara mesin-mesin lainnya diperkirakan akan tiba pada akhir tahun 2017 hingga paruh pertama tahun 2018. Saat ini kami juga sedang mengerjakan pembangunan kembali lokasi pabrik yang terbakar.

 

Dampak terhadap pendapatan kami atas insiden kebakaran tersebut di awal-awal setelah kejadian adalah sekitar Rp 12-16 miliar per bulan dari lokasi Cikarang. Kami telah melakukan pemetaan kembali untuk mengalihkan proses produksi yang semula di pabrik Cikarang ke lokasi-lokasi pabrik kami yang lain, sehingga gangguan penjualan kepada pelanggan kami dapat diminimalkan, walaupun untuk itu kami harus menanggung biaya yang lebih tinggi yang berakibat pada penurunan EBITDA untuk sementara waktu. Prioritas utama kami adalah memulihkan pasokan kepada pelanggan kami dengan secepat dan sebaik mungkin. Kami juga mendapatkan dukungan yang luar biasa dari para pelanggan kami dalam proses pemulihan ini.

 

Sementara kami kehilangan lebih dari 50% output Cikarang di bulan Juni, secara bertahap kami berhasil menurunkannya tingkat kehilangan menjadi 20% di bulan Juli dan kurang dari 10% di bulan Agustus 2017.

 

Manajemen juga mengambil langkah-langkah komprehensif untuk memperbaiki standar keselamatan operasional Perusahaan dalam konteks Health Safety and Environment (HSE) yang lebih luas, yang meliputi memperkuat manajemen pabrik, formalisasi fungsi dan proses manajemen HSE, serta pengarahan dan pelatihan kembali para karyawan.

 

+ + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + + +

 

UPDATE ON PT BERLINA TBK’S FACTORY FIRE INCIDENT RECOVERY

As reported earlier, there was a fire at the site of PT Berlina Tbk on Jl. Jababeka Raya Blok E 12-17, Jababeka Industrial Estate Cikarang, Bekasi on Wednesday, May 24, 2017, around 04.00 am. The fire was completely extinguished in the same day with no casualty. However, the fire damaged 80% of the facility including production buildings and machineries, warehouses and supplies.

 

Our assets are insured. The insurance companies have approved interim payment of 25% of the total claim, expected to be received in October 2017. The balance of the insurance claim is expected to be received in 2018.

 

We are in the process of ordering new machineries for Cikarang recovery and also refurbishing our old machineries. We are thankful for tremendous supports rendered to us by our long term suppliers. By September 2017, 4 new machineries have already arrived and installed in our Tangerang factory. While the other machineries expected to come by end of 2017 until first half of 2018. We are also working on the rebuilding of the lost factory site.

 

The revenue impact of the fire incident initially after the incident was around Rp 12-16 billion a month from Cikarang site. We distributed the initial Cikarang site output to our other factories, so the sales disruption to our customers can be minimized, despite higher cost to us and hence hurting our EBITDA temporarily. Our main priority is to recover supply to our customers the soonest and best possible. We have also received tremendous supports from our customers in our recovering process.

 

While we loss more than 50% of Cikarang output in June, now we have managed to bring it down the loss to 20% in July and less than 10% in August 2017.

 

The management is also taking a comprehensive steps to improve safety measures of our operations in a larger Health Safety and Environment (HSE) context, including strengthening of site management, formalizing the HSE management function and process, re-communication and retraining of personnel.

Contact Us

62-21 898 30160

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.